Selamat Datang

Selamat bergabung dalam Rubrik Konseling, dengan fasilitas kemudahan dalam dunia maya, Anda bebas berekpresi dan menyebarkan ilmu pengetahuan Anda bersama rekan-rekan Anda dimanapun sekalipun diujung dunia. Disini!

Kesempatan Emas

Google Search

Custom Search

Business to business

Kamis, Oktober 23, 2008

Mengatur waktu belajar menjelang ujian

Pertanyaan dari pengirim:
S.K di tempat.
Saya Nova, wanita usia 17 tahun, masih sekolah SMP, sebentar lagi menghadapi ujian nasional, saya mengalami kesulitan membagi waktu belajar karena harus membantu orang tua bekerja diwarung, bagaimana mengatasinya supaya bisa meraih nilai bagus pada ujian nanti.

Jawaban Solusi konsulting :
Buat Nova yang rajin. Saya jadi ingat waktu sekolah dulu, saya sendiri juga membantu orang tua sepulang sekolah, tetapi tetap punya waktu untuk menyempatkan diri belajar. Apalagi bila menunggu warung ada saat-saat tertentu tidak ada pengunjung, sebagai kasir sediakan buku-buku pelajaran yang dipelajari barusan disekolah hari itu, bacalah ulangi minimal sekali ulangan termasuk corat-coret terutama rumus-rumus matematika atau hitungan lainya, dan pada petang hari setelah magrib, cobalah siapkan buku-buku pelajaran esok hari sesuai jadwal. Kerjakan PR dari yang mudah terlebih dahulu, bisa dengan yang dari itungan atau dari yang bersifat bacaan terlebih dahulu. Sesuaikan dengan mod anda saat itu tidak usah dipaksakan, jika Anda suka musik sediakan dekat meja belajar anda radio atau tape kecil untuk mengusir rasa ngantuk, musik-musik pilihan sesuai selera bisa membangkitkan semangat belajar, apalagi seusia Anda adalah saat-saat semangat belajar. Kira-kira 2-3 jam anda belajar sudah cukup. Besok pagi bangunlah pagi-pagi, kira-kira jam 03 atau 04 dinihari, sempatkan sholat malam bila Anda Moslem, pagi saat yang sangat sepi, pikiran sangat jernih setelah tidur semalam, sangat mudah menghafal pelajaran dan mengerjakan hitung-hitungan rumit. Saya dahulu membiasakan 2-3 jam belajar petang hari dan 2 jam saat subuh dan hasilnya nilai saya sangat bagus, meraih rangking 3 besar selama tiga tahun di SMP dan rangking 1 selama di SLTA selama tiga tahun. Itu semua rahasianya Cuma seperti saya ceritakan diatas, Belajar rutin petang hari dan saat subuh setiap hari, juga sediakan waktu membaca ulang pelajaran sekolah sesaat setelah pulang sekolah sambil main atau bekerja. Semoga berhasil,

S.K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesempatan Emas

Yahoo Ads

Yahoo Merchant

Yahoo meet woman

Woshinton DC Single

Motivasi